Sensasi Minum Madu Kelulut Kubu Raya

Madu Kelulut
Propolis atau kantong madu kelulut. Foto: Yanuarius Viodeogo

Yanuarius Viodeogo Seno

KALIMANTAN BARAT — Barangkali kamu belum pernah mencicipi minum madu langsung dari sarang lebah kelulut.

Di Desa Teluk Nibung, Kabupaten Kubu Raya, para petani madu membuat sarang lebah menghasilkan madu kelulut yang bisa langsung seruput menggunakan sedotan.

Jangan membayangkan pula menyedot madu mesti memanjat sebuah pohon yang tinggi.

Madu yang dikembangkan petani ini berada di sekitar area pelataran rumah.

Dengan sebatang kayu kokoh, koloni lebah beternak di sangkar bernama kotak stub. Sangkar itu berbahan kayu berbentuk kubus. Apabila mau menyeruput madu, buka penutup sangkar.

Sebelum memulai menyeruput madu, persiapkan terlebih dahulu sedotan. Tekan perlahan kantong cairan madu lebah. Nama kantong itu adalah propolis, berwarna coklat ketuaan atau hitam.

Sedot cairan madu itu. Hampir semua kantor propolis berisi cairan. Madu ini berbeda rasa dengan madu umum kebanyakan. Rasa madu kelulut manis dan sedikit asam.

Namun, jangan khawatir bagi yang was-was dengan rasa asam karena justru madu ini ramah bagi penderita maag. Madu ini mempunyai khasiat untuk pemilik asam lambung.

Buat yang tidak terbiasa minum madu, madu ini lebih sedap pula dicampur dengan air putih dingin, atau teh.

Lezat juga mencampur madu ini dengan aneka kudapan kue lain seperti gorengan, pisang bakar dan kue bolu.

Madu Kelulut
Stub atau sangkar koloni lebah menghasilkan madu kelulut di pakarangan rumah Desa Teluk Nibung, Kabupaten Kubu Raya. Foto: Yanuarius Viodeogo

Penasaran ingin merasakan sensasi sedot madu kelulut itu. Bagi petualang yang senang perjalanan menyusuri sungai atau hutan bakau, tujuan lokasi penangkaran madu kelulut Kubu Raya layak masuk daftar anda.

Perjalanan dimulai dari Kota Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat menuju Kecamatan Rasau menggunakan kendaraan mobil atau sepeda motor.

Waktu tempuh kurang lebih 1 jam, 30 menit atau hampir 2 jam. Kondisi jalan beraspal tetapi berlubang-lubang.

Di penghujung desa, terdapat dermaga penyeberangan. Akses menuju Desa Teluk Nibung memang hanya bisa dilewati dengan transportasi air.

Tidak ada jalur darat, sehingga menuju ke sana harus menggunakan menggunakan transportasi air. Kami memilih speed boat.

Sepanjang perjalanan, hutan bakau kiri kanan mewarnai pemandangan mata. Mudah sekali menjumpai burung bakau putih yang terbang dari satu pucuk pohon pindah ke pucuk pohon lain.

Ada yang terbang sendiri dan gerombolan dengan lainnya.

Aliran air yang tenang, membuat kita terbuai dengan pemandangan hamparan pohon, kelapa dan rumput-rumput sungai.

Beruntung kalau bertemu dari kejauhan, kawanan monyet bergelantungan di antara pepohonan.

Perjalanan membuat mata mengantuk itu tidak berlangsung lama karena dari kejauhan tampak ombak laut siap menyambut kehadiran kami.

Ya, menuju Desa Teluk Nibung harus melewati hantaman ombak terlebih dahulu.

Andrenalin anda diuji di sini.

Speedboat tiba menerjang hempasan ombak dan mendarat dengan keras. Bukan satu dua kali tapi berulang kali. Air laut asin masuk ke dalam membasahi pakaian.

Hampir sekitar 30 menit, serbuan ombak menghantam kiri kanan speedboat.

Tetapi, jangan khawatir driver alias pengemudi speedboat di sana sudah handal. Kita tinggal menikmati saja perjalanan membelah ombak.

Setelah melalui perjalanan laut yang menegangkan akhirnya tiba di pusat kota Kecamatan Batu Ampar. Ini adalah rest area atau tempat peristirahatan tepian sungai.

Warung-warung makan mengapung berjejer menyediakan minum dan santapan makanan berat.

Istirahat tidak lama dan perjalanan berlanjut. Kali ini, tidak perlu takut lagi berpegangan tangan karena menuju Desa Teluk Nibung wilayah perairan sungai.

Lokasi menuju Desa Teluk Nibung dari Desa Batu Ampar sekitar 1 jam perjalanan. Total perjalalanan dari dermaga Rasau mencapai Desa Teluk Nibung hampir 4 jam perjalanan. Mulai masuk desa ini, setiap rumah memiliki stub madu kelulut.

Salah satu lokasi penangkaran madu kelulut berada di rumah Gio Sumantri. Pria ini memiliki sebanyak lebih dari 1.000 stub sangkar madu kelulut.

Dia tidak sendiri mengembangkan madu kelulut menjadi prospek bisnis menjanjikan masa depan.

Para petani lain mengembangkan secara bisnis. Sehingga, pembeli yang pernah mengunjungi lokasi dan rindu dengan madu tersebut bisa memperoleh dengan mudah madu di Kota Pontianak.

Harga mulai dari Rp130.000 hingga Rp150.000 tergantung ukuran.

Alangkah nikmatnya merasakan langsung pengalaman membelah ombak laut dan minum air madu langsung di lokasi sangkar madu kelulut, Desa Teluk Nibung, Kubu Raya.

Madu Kelulut
Madu kelulut dalam kemasan siap jual kepada konsumen. Foto: Yanuarius Viodeogo

Deo

One thought on “Sensasi Minum Madu Kelulut Kubu Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.