Paten Punya Tahun Spesial Pada 2021 Ini

Ilustrasi: Temuan lampu. Sumber Pixabay

Direktorat Jenderal Kekayaan lntelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menetapkan tahun paten sebagai program prioritas pada 2021 ini. Dalam rangkaian programnya, seperti disampaikan DJKI bahwa salah satu bagian dari kekayaan intelektual ini mendapatkan porsi terbesar oleh pemerintah.

Pemerintah menjalankan programnya untuk memperkenalkan lebih dalam turunan dari kekayaan intelektual tersebut kepada masyarakat, terutama lembaga penelitian, universitas dan pelaku bisnis.

Program-program itu seperti diseminasi, pendampingan penyusunan spesifikasi, dan mediasi terkait permohonan.

Soal permohonan upaya pemerintah dalam meningkatkan permohonan paten ke DJKI. Bukan tanpa sebab, pemerintah menyatakan permohonan paten harus ditingkatkan dengan kata lain masih rendah.

Saat ini, jumlah pengajuan permohonan dari dalam negeri tidak lebih dari 10% dari total permohonan.Rerata permohonan antara 1.300 hingga 1.800 permohonan.

Dalam memberikan program prioritas tersebut, pernah dilakukan oleh pemerintah pada 2018 lalu. Saat itu, pemerintah memfokuskan tahun Indikasi Geografis.

Indikasi geografis merupakan suatu benda yang merupakan kekkhasan dari satu daerah tidak dimiliki oleh daerah lain seperti kopi Gayo, kopi Toraja dam beras uncak Kapuas Hulu, atau lada Muntok Bangka Belitung.

Salah satu gebrakan pemerintah dengan program khusus itu yakni menargetkan setiap kantor wilayah DJKI yang beroperasional di seluruh provinsi Indonesia mengusulkan minimal satu produk indikasi geografis.

Saya pernah mengulas istilah itu pada artikel sebelumnya. Sekaligus peraturan perundang-undangan lengkap dengan definisnya.

Baca: Merek Bukan Paten Begitu Sebaliknya

Kali ini, saya sampaikan lagi tentang pengertiannya kepada pembaca. Temuan atas hak eksklusif inventor atas temuannya individu atau kelompok.

Temuan tersebut berhubungan dengan teknologi. Tidak sampai pada penemuan saja. Penemunya mesti mendaftarkan hasil temuannya tersebut dan memperoleh persetujuan.

Pendaftaran hasil temuan kepada otoritas pemerintah supaya melindungi penemunya dari pembajakan.

Paten itu mempunyai dua kategori, yaitu paten dan paten sederhana. Paten merupakan pegangan dari suatu ide inovasi dan diimplementasikan dalam dunia usaha.

Adapun sederhana pengembangan dari paten. Jika berhenti pada langkah inventif ada temuan ide dan bisa diterapkan.

Maka penemuan sederhana melangkah jauh lagi dari temuan ide, kemudian dikembangkan menjadi suatu barang fisik di dalamnya memiliki fungsi. Contoh-contoh temuan: mesin, teknologi, senyawa, dan suatu formula.

Deo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.