Ini Cara JNE Bertahan Dua Dekade Raup Pasar Kiriman Paket

Pembicara ShopeePay Talk: Digital Marketing Expert, Founder & CEO Tribelio Denny Santoso, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari, Deputy Vice President BD, E-Commerce, and Partnership JNE Mayland Hendar Prasetyo, dan Business Development Manager Ayam Tulang Hayam Wuruk Dimas Setyo Jatmiko.

JAKARTA — Bisnis legendaris Indonesia seperti Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) membeberkan rahasia bertahan selama dua dekade meraup pasar konsumen. Strategi dari kedua bisnis tersebut tersaji dalam diskusi ShopeePay Talk.

Suatu diskusi bulanan membahas berbagai topik dan informasi ringan, trendi bertemakan adaptasi lintas generasi, kobarkan semangat majukan negeri.

Deputy Vice President BD, E-Commerce, and Partnership JNE Mayland Hendar Prasetyo mengatakan ada dua strategi berdapatsi di bisnis dengan beragam karakter konsumen selama bertahun-tahun.

Strategi utama JNE yakni inovasi sesuai kebutuhan pasar. Cara ini menurut Mayland Hendar Prasetyo untuk mengatasi masalah seperti rumitnya pengiriman dan pendistribusian barang ke berbagai penjuru Indonesia.

Menurutnya, JNE senantiasa mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dalam strategi tersebut. Pendekatan yang dilakukan oleh JNE yakni pelanggan mudah melacak paket yang mereka kirim melalui website dan aplikasi MyJNE.

“Selain itu melakukan pembayaran dengan praktis dan aman menggunakan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay. Dengan tagline connecting happines, kami ingin mengantarkan kebahagiaan untuk memberikan manfaat seluas-luasnya,” ujar Mayland dari keterangan resmi kepada blog ini, Kamis (12/8/2021).

Baca: Somethinc Sukses Tembus 123 Negara Protokol Madrid

Bagaimana dengan Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk?

Dimas Setyo Jatmiko, Business Development Manager Ayam Tulang Hayam Wuruk mengatakan mereka mempunyai senjata ampuh membuat pelanggan betah.

Menurutnya, mereka memperkuat strategi pada riset pasar. Strategi ini untuk memahami konsumen agar produk dan jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

“Kami melakukan riset pasar secara rutin guna menghadirkan varian menu baru dan memberikan kepuasaan kepada seluruh pelanggan kami,” kata Dimas Setyo.

Paling mujarab, seperti diutarakannya, ketika menerima pembayaran digital melalui ShopeePay.

Dari riset melalui pembayaran tersebut pelanggan cenderung memilih metode pembayaran praktis dan aman. Terutama saat pandemi Covid-19 saat ini.

“Pelanggan juga tertarik untuk menggunakan metode pembayaran digital karena beragam promo menarik yang ditawarkan sehingga kami bisa melihat adanya peningkatan penjualan yang signifikan sejak kami mulai menerima pembayaran digital,” terang Dimas.

Maksimalkan Kanal Pemasaran

Ada yang tidak boleh dilupakan oleh para pelaku bisnis. Denny Santoso CEO Tribelio mengutarakan tidak bisa selamanya mengandalkan media konvensional sebagai satu-satunya kanal pemasaran.

Oleh karena itu harus memikirkan ulang strategi pemasaran dengan berbagai kanal-kanal yang tersedia.

“Bisnis harus memaksimalkan upaya pemasaran seperti media sosial yang cocok untuk segmen pasar yang mereka sasar. Mereka juga bisa menggali dan saling bertukar informasi melalui komunitas bisnis seperti Tribelio,” kata Denny.

Deo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.