Bangunan dan Mesin Jahit Selaras Kausa Busana Dilelang

Ilustrasi: Mesin jahit

JAKARTA — Kabar terbaru dari PT Selaras Kausa Busana bakal melelang sejumlah unit operasional dan bangunan produsen garmen tersebut dalam waktu dekat ini. Kurator kepailitan Selaras Kausa Busana, Sexio Yuni Noor Sidqi mengatakan pengurus sudah masuk tahap membereskan aset debitur dan mengajukan proses pelelangan di Kantor Pelayanan Negara dan Lelang (KPKNL).

“Ada yang lelang seperti mesin jahit nanti pada 16 Agustus 2021 dan lelang tanah serta bangunan pabrik SKB pada 1 September 2021. Bangunan lain apartemen SKB di Cilandak masih proses diajukan ke lelang ke KPKNL Jakarta,” kata Sexio kepada saya, Selasa (10/8/2021).

Lelang yang masuk dalam 1 lot itu dijual dengan nilai limit sebesar Rp40 miliar dengan nilai jaminan sebesar Rp8 miliar.

Adapun rincian lelang berupa tanah dan bangunan milik Selaras Kausa Busana beralamat di Jalan Caringin RT 01/RW 05, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Khusus lelang tanah terdiri dari tanah sertifikat hak guna bangunan (SHGB) No. 2/Bojong Menteng, Bekasi tertanggal sertifikat 27 Agustus 1991 seluas 6.000 meter persegi beralamat di Ralumbu, Bojong Menteng.

Ilustrasi: Mesin jahit

Tanah berikutnya dengan SHGB No. 2304/Bojong Menteng tertanggal sertifikat 27 Agustus 1991 seluas 14.740 meter persegi dengan lokasi yang sama. Kedua tanah ini terletak dalam satu hamparan.

Dalam lelang bangunan mencakup pos jaga 1 dan 2, custom bea cukai, pabrik 1 dan 2, kantin, gudang kimia meliputi 3 unit, rumah genset, rumah boiler, gudang arsip, gudang pencucian, kantor administrasi, laboratorium, mess karyawan, gudang bahan baki gudang kecil dan pos administrasi buruh.

Sementara itu, lelang yang merupakan barang bergerak berupa mesin-mesin meliputi mesih jahit sebanyak 628 unit, mesin obras sebanyak 388 unit, mesin kancing sebanyak 90 unit, mesin kambut sebanyak 250 unit, meja tanpa motor sebanyak 26 unit dan meja dengan motor sebanyak 20 unit.

Penjualan objek lelang satu lot tersebut senilai Rp900 juta dengan uang jaminan sebesar Rp180 juta. Aset lain tergabung dalam 1 lot bersama apartemen di Cilandak adalah bahan baku asesoris dan pakai baju senilai Rp3,18 miliar. Sexio mengatakan aset-aset itu belum terjual.

SKB Pailit
Pelaksanaan lelang aset Selaras Kausa Busana bermula ketika perusahaan tersebut secara resmi mendapatkan keputusan dari pengadilan pailit pada 6 Mei 2020 lalu. Pailitnya Selaras Kausa Busana karena perusahaan tidak memberikan proposal perdamaian pada 30 April 2019.


Proses kepailitan perusahaan garmen dapat dibaca pada artikel berjudul Produsen Pakaian, Selaras Kausana Busana Pailit.

Deo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.