Ketumbar Bikin Imun Tubuh Meningkat Hadapi Covid-19

  • Post author:
  • Post category:Ragam
  • Post comments:0 Comments

Yanuarius Viodeogo

Kala masa pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, masyarakat berupaya terus dengan berbagai cara agar terhindar dari paparan virus tersebut. 

Mulai dari menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, membawa bekal hand sanitizer hingga mengkonsumsi ramuan rempah-rempah.

Sebagian masyarakat meyakini rempah-rempah di dapur kita memiliki khasiat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Di antara kita mengenalnya seperti kunyit, jahe, jeruk nipis dan madu.

Namun, masih ada lagi rempah-rempah lain yang bisa mendorong kekebalan imunitas tubuh ternyata melimpah terjual di pasar tradisional.

Ketua Pengusaha Jamu dan Obat dan Obat Tradisional (GP Jamu) Jawa Barat Erna Setiyawati mengatakan ada rempah-rempah lain telah lama dikonsumsi masyarakat untuk menjaga tubuh tetap bugar atau menangkal penyakit seperti flu, batuk dan masuk angin yakni daun salam dan ketumbar.

“Kalau masa Covid-19 ini, masyarakat bisa mengkonsumsi daun salam, ketumbar, jahe, dan kunyit untuk kebugaran tubuh supaya tidak terpapar virus Covid-19,” kata Erna, Sabtu (16/5/2020).

Baca: Kala Permintaan Lada Stabil Saat Pandemi Covid-19

Hal itu disampaikannya saat berbincang-bincang dalam siaran langsung di instagram dipandu Prihantoro dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati.

Erna menuturkan rempah-rempah itu bisa menjadi ramuan bermanfaat guna menjaga daya tahan tubuh tetap sehat. Dia tidak asal memberikan rekomendasi terhadap rempah-rempah itu.

Owner dari Griya Sehat Daun Mas yang merupakan sarjana lulusan ilmu kesehatan masyarakat ini paham betul khasiat rempah-rempah yang sering berada di pasar tradisional itu.

Erna mengatakan ketumbar, kunyit, jahe atau daun salam mudah untuk diracik menjadi ramuan. Biasanya, sebelum dikonsumsi tinggal direbus saja tentu dengan menggunakan air bersih.

“Saya sendiri memiliki aktivitas sosial yang tinggi dan mesti keluar rumah. Jadi saya harus menjaga daya tahan tubuh dengan minum ramuan,” tuturnya.

Namun demikian, Erna memiliki ramuan yang sudah diracik dalam berbagai produk dan bisa langsung dikonsumsi seperti Jamstim untuk menjaga daya tahan tubuh.

Adapula Sagatuk untuk meredakan batu dan Fitacold untuk mengusir masuk angin. Dia memproduksi produk-produk itu dengan bendera Griya Sehat Daun Mas. 

Tinggalkan Balasan